Questions? 0896-7422-1165

Berpuisi Dalam Tes Ujian Tengah Semester Public Speaking Fundamental

Berpuisi Dalam Tes Ujian Tengah Semester Public Speaking Fundamental

 

Tangerang, Pondok Betung – Sabtu (9/12). KAHFI BBC Motivator School tengah mengadakan Ujian Akhir Semester (UAS) Public Speaking Fundamental. Kegiatan mulai dilaksanakan pukul 08:00 WIB. Peserta UAS merupakan mahasiswa Kahfi angkatan 16 tahun ajaran 2017. Ada yang unik pada UAS di semester Public Speaking Fundamental tahun ini.  Jika tahun lalu yang diujikan hanya ujian Assessment saja. Di tahun ini mata kuliah puisi diujikan dalam pengambilan nilai UAS semester Public Speaking.  Karena puisi merupakan satu diantara mata kuliah yang diajarkan dalam semester Public Speaking. Ujian mata kuliah puisi bukanlah kali pertama yang diujikan pada UAS semester Public Speaking. Sebelumnya ujian ini juga pernah diadakan di tahun ajaran 2010 angkatan 11, dan baru diadakan kembali pada UAS tahun ajaran 2017 angkatan 16. Ujian berpuisi mengawali UAS Public Speaking Fundamental di hari pertama berlangsungnya kegiatan ujian. Ujian diikuti oleh 54 orang peserta mahasiswa, diujikan dalam empat ruangan yang masing-masing terdapat empat dosen penguji ditiap ruangan.

Berikut hasil wawancara tim Motivawriter Kahfi kepada kak Muhammad Mamduh Nuruddin, selaku kepala sekolah KAHFI BBC Motivator School – mengenai UAS puisi kali  ini.

“Ujian puisi di tahun ini dibuat secara full packaging. Yaitu secara penilaian lebih variatif. Jika di tahun lalu penilaian hanya sekedar pada penyampaian saja. Maka di tahun ini penilaian sampai ke tahap initisari atau makna dari puisi yang disampaikan. Jadi ketika mahasiswa menyampaikan sesuatu, ada makna yang bisa tersampaikan. Maksudnya jika diibaratkan dengan buah, kulitnya terlihat bagus, daging buahnya terasa enak, dan bijinya dapat diolah kembali. Biji itulah yang saya maksud dengan makna. Pada ujian puisi kali ini, mahasiswa juga dituntun tidak hanya mampu membacakan puisi, tetapi juga bisa membuat atau menulis puisi hasil karya sendiri. Sehingga dengan membawakan puisi karyanya sendiri – mahasiswa akan dapat lebih menghayati puisi  dan ekspresif dalam menyapaikannya. Tujuan dari ujian mata kuliah puisi adalah agar mahasiswa dapat lebih persuasif dan ekspresif lebih dalam di dalam penghayatan ketika berbicara. Karena seseorang yang sudah pandai berbicara lewat gesture, ekspresi, dan vokalisasi – akan mampu menyampaikan apa yang ingin disampaikannya, sehingga apa yang ingin disampaikan Insya Allah akan lebih tersampaikan.”

Tim Motivawriter juga meminta komentar dari satu diantara dosen penguji dan mahasiswa peserta ujian yang sudah selesai mengikuti ujian berpuisi.

“Saya sangat excited dengan seluruh peserta yang mengikuti ujian puisi pada hari ini. Karena melihat bermacam-macam ekspresi dalam menghayati puisi-puisi yang ditulis oleh peserta ujian sendiri. Tapi sangat disayangkan, dengan beberapa peserta yang masih malu-malu, belum totalitas dan ekspresif. Padahal ujian puisi ini merupakan salah satu kesempatan bagi mereka untuk melatih bagaimana cara menyapaikan sebuah makna di dalam berkomunikasi.” Jelas kak Afriyunda Daulay atau akrab disapa dengan kak Yuyun.

“Secara mental saya merasa bingung, degdegan, dan gugup. Tapi untungnya semua bisa saya kondisikan, karena ada pengalaman mengikuti lomba puisi. Manfaat dari ujian puisi ini melatih diri saya untuk bisa menulis sebuah puisi. Sedangkan makna dari adanya persiapan kostum, puisi yang dibuat sendiri dan penampilan yang dibawakan, yaitu berani dengan apa yang sudah kita pilih.” Tutur Siti Rahma Yuliana, satu diantara peserta ujian yang lulus dengan nilai bintang tujuh.

Diwarnai dengan suasana grimis di sore hari, kegiatan ujian pun berakhir pada pukul 18:00 WIB. Baik peserta, dosen maupun mahasiswa yang masih berada di kampus Kahfi pada sore itu – menyudahi kegiatan ujian dengan melaksanakan sholat magrib berjamaah di halaman kampus KAHFI BBC Motivator School. (Rara/Mahasiswi Angkatan 17)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Chat Disini, Kami Siap membantu Anda
Powered by